Karbohidrat

Karbohidrat

Karbohidrat melingkupi senyawa-senyawa yang secara kimia berupa hidroksi aldehida dan hidroksi keton. Karbohidrat adalah komponen utama di dalam jaringan tanaman : lebih dari 70% terdapat pada hijauan, dan lebih dari 85% terdapat pada biji-bijian/serealia. Melalui proses fotosintesis, tanaman dapat mensintesa karbohidrat. Pada ternak, karbohidrat terdapat dalam bentuk glukosa dan glikogen yang meliputi kurang dari 1% dari bobot ternak.

Karbohidrat diklasifikasikan dalam 5 jenis, yaitu : monosakarida, disakarida, trisakarida, polisakarida dan mixed polisakarida. Pada literatur lain disebutkan bahwa monosakarida dan oligosakarida (disakarida, trisakarida dan tetrasakarida) biasanya disebut dalam kelompok sugar, sedangkan polisakarida yang terdiri dari homoglukan (arabinan, xilan, glukan, fruktan, galaktan, mannan dan glukosamin) dan heteroglukan (pektin, hemiselulosa, gum, musilago asam, asam hialuronik dan kondroitin) disebut kelompok non sugar. Berikut ini adalah beberapa jenis karbohidrat yang kita kenal dalam kehidupan kita sehari-hari :

ü  Monosakarida, yang teroenting adalah glukosa. Glukosa dan fruktosa terdapat melimpah sebagai monosakarida bebas. Glukosa adalah sumber  energi vital terpenting berupa cairan tubuh ternak, berperan dalam sistem syaraf, jaringan dan janin.

ü  Laktosa merupakan bentuk gula yang terdapat dalam air susu. Laktosa mengalami proses fermentasi oleh sejumlah mikroorganisme termasuk Stertococcus lactis akan dikonversi menjadi asam laktat, misalnya dalam memproduksi Yakult melalui peran Laktobacillus casei sirota atau memproduksi yogurt melalui peran Steptococcus thermophilus dan Lactobacilus bulgaricus.

ü  Selobiosa : tidak terdapat bebas di alam mempunyai ikatan β-(1,4). Ikatan tersebut tidak dapat dipecah oleh enzim yang dihasilkan oleh mamalia kecuali oleh enzim yang disintesis oleh miroba retikulorumen.

ü  Oligosakarida terdiri dari disakarida, trisakarida, mengandung 2 atau 3 unit monosakarida yang dihubungkan dengan ikatan glikosida (α,β).

ü  Polisakarida diklasifikasikan sebagai : heteropolisakarida dan homopolisakarida. Terdapat sebagai struktur dasar dari sel, hampir diseluruh jaringanm di mukus, beberapa hormon, enzim-enzim, bahan-bahan grup darah, dan zat-zat kekebalan. Homopolisakarida : glikogen, tersedia dijaringan ternak yang menyerupai pati tanaman dan merupakan simpanan energi jangka pendek. Hanya hati dan ginjal yang dapat melepaskan glukosa untuk masuk ke dara. Glikogen hati adalah glukosa terpenting. Proses pembentukan glikogen disebut glycogenesis (glycogen synthetase). Proses pemecahan glikogen disebut glycogenolysis (glycogen phosphorylase).

ü  Pati (starch) dan selulosa adalah dua komponen penting di dalam ransum ruminansia : konsentrat dan hijauan. Selulosa berikatan erat secara fisik dan kimia dengan hemiselulosa dan lignin. Selulosa dicerna dalam saluran pencernaan oleh enzim selulase menghasilkan selubiosa, lalu dihidrolisis menjadi glukosa oleh selobiase. Enzim selulase dihasilkan oleh mikroba rumen dan retikulum ruminansia. Hasil akhir dari pencernaan selulosa adalah asam-asam lemak terbang (VFA) yang terdiri dari asetat, propoionat dan butirat, dengan hasil sampingnya antara lain berupa gas metan dan CO2 yang akan digunakan dalam metabolishme energi pada ternak ruminansia.

ü  Lignin merupakan polimer yang mengandung protein sulit dicerna. Lignin sangat tahan terhadap degradasi kimia dan enzimatik. Lignin sering digunakan sebagai indikator di dalam eksperimen studi kecernaan pada ternak ruminansia karena sifatnya yang tidak larut tersebut. Lignin bukan karbohidrat tetapi sangat berhubungan erat dengan senyawa-senyawa karbohidrat. Kulit kayu, biji, bagian serabut kasar, batang dan daun mengandung lignin yang berupa substansi kompleks oleh adanya liginn dan polisakarida yang lain. Kadar lignin akan bertambah dengan bertambahnya umur tanaman.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: