Bahan Makanan Ternak : Ampas Bir dan Shorgum (Shorgum bicolor)

Bahan makanan ternak : ampas bir dan shorgum (shorgum bicolor)

Ampas bir

Bir dibuat dari bahan baku yang terdiri dari gandum, beras dan jagung. Untuk setiap kilogram bahan baku akan menghasilkan limbah yang sama banyaknya yaitu satu kilogram. Ampas bir cukup disukai ternak, sedangkan ampas segar yang telah disimpan tanpa perlakuan yang baik dapat menerunkan palatabilitas.

Ampas bir yang dibuat dari biji-bijian yang tidak mengandung antinutrisi, maka ampas bir juga tidak mengandung antinutrisi. Ampas bir yang dibuat dari bahan baku gandum akan mempunyai sifat pencahar, sedangkan apabila menggunakan butiran lain yang tidak mempunyai sifat pencahar, maka ampas bir yang dihasilkannya pun tidak mempunyai sifat pencahar.

Secara kualitatif kualitas tepung ampas bir dapat diuji dengan menggunakan bulk sensity atau uji apung. Selain itu juga uji organoleptik seperti tekstur, rasa, warna dan bau dapat dipakai untuk mengetahui kualitas ampas bir, analisa PK dan SK perlu dilakukan. Berikut ini adalah hasil analisa kandungan nutrisi ampas bir. BK 23,7%, abu 23,7%, PK 5,81%, lemak 9,80%, SK 14,60%, Beta-N 34,86%, Ca 0,18% dan P 0,48%.

Shorgum (Shorgum bicolor)

Kualitas shorgum hampir mirip dengan jagung, walaupun ukuran butirannya lebih kecil. Proteinnya umumnya lebih tinggi dari pada jagung, tapi lemaknya lebih rendah. Kandungan methioninnya hampir sama dengan jagung, namun lisinnya lebih rendah.

Kandungan serat kasar shorgum cukup rendah sehingga dapat diberikan pada unggas, tapi penggunaanya menggantikan jagung perlu diperhatikan karena shorgum tidak mempunyai xanthopyll. Penggunaan shorgum perlu mendapatkan perhatian karena kandungan tanninnya cukup tinggi. Diduga kandungan tannin ini dapat menyebabkan gangguan pada ternak. Berikut ini adalah hasil analisa kandungan nutrisi shorgum, BK 89,0%, abu 2,40%, PK 16,90%, lemak 4,10%, SK 2,08%, Beta-N 81,10%, Ca 0,03% dan P 2,23%.

1 Comment

  1. campuran yg paling sederhana untuk ternak non ruminansia berapa komposisinya dan bagaimana cara aplikasinya ke ternak tsb… terima kasih atas penjelasan detailnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: