Bakteri Asam Laktat

Bakteri Asam Laktat

Bakteri asam laktat seperti Lactobacillus bulgaricus, Lactobacilus acidophilus, Bifidobacteria thermophilum dan jenis fungi seperti Saccharomyces cerevisiae adalah contoh-contoh probiotik yang telah diproduksi secara komersial. Lingkungan menyenangkan untuk pertumbuhan bakteri menguntungkan (penurunan pH dengan memproduksi asam laktat) akan tercipta dengan mensuplai probiotik pada ransum ternak. Probiotik seperti BAL juga dapat mengurangi produksi racun dan menurunkan produksi amonium dalam saluran pencernaan (Samadi, 2008).

Bakteri asam laktat merupakan kelompok bakteri gram positif, bebentuk batang yaitu suatu mikroorganisme yang dapat menahan kompleks berwarna primer ungu kristal iodium (sel tampak biru atau ungu). Bakteri asam laktat umumnya tidak membentuk spora kecuali Sporolactobacillus. Selnya berbentuk bulat atau batang dan tidak menghasilkan katalase. Bakteri asam laktat terdiri dari beberapa genus antara lain Streptococcus, Lactobacillus dan Leuconostoc (Mc Donald et al, 1991).

Bakteri asam laktat merupakan golongan mikroorganisme yang bermanfaat karena sifatnya tidak toksik bagi inang dan mampu menghasilkan senyawa yang dapat membunuh bakteri patogen. Sesuai dengan namanya bakteri asam laktat bakteri ini menghasilkan asam laktat sebagai metabolismenya yang sangat bermanfaat dalam menghambat pertumbuhan organisme lain yang merugikan bagi tubuh. Bakteri asam laktat ini juga memproduksi metabolit sekunder seperti asam hidroksi peroksida, diasetil, amonia, asam lemak dan bakteriosin yang dapat menghambat bakteri patogen (Lopez, 2000). Bakteri asam laktat berfungsi sebagai stimulan pada proses pembuatan silase yaitu dapat menekan pertumbuhan bakteri pembusuk yang tidak diharapkan ada pada produk silase.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: