pola penanaman hijauan pakan

Pola penanaman hijauan pakan

  1. Penanaman rumput potongan (monokultur)

Penanaman rumput secara monokultur umumnya dilakukan pada budidaya hijauan makanan ternak secara intensif. Pada system ini, rumput yang diproduksi akan dipanen dan diberikan kepada ternak (system cut and carry). Rumput yang dibudidayakan merupakan jenis rumput dengan produktivitas tinggi, tumbuh tegak dan responsive terhadap pemupukan.

Salah satu jenis rumput yang sering dipakai dalam pola ini adalah Pennisetum purputhypoides atau king grass dengan mengunakan bahan tanam berupa stek. Rumput ini dipakai karena memenuhi syarat sebagai rumput potongan seperti memilki produktivitas tinggi, tegak dan responsive terhadap pemupukan. Bahan tanam ini diperoleh dari potongna batang yang tua dan sehat serta mengandung 2 buku dengan panjang 20-25 cm. stek sebaikya disimpan pada kondisi yang sejuk agar lebih awet.

  1. Penanaman hijauan penggembalaan (polikultur atau campuran)

Penanaman rumput penggembalaan ini menggunakan pola tanam murni hijauan makanan ternak yang memadukan antara bibit unggul rumput dengan legum. Dengan pola tanam ini diharapkan ternak dapat memperoleh nutrient yang lebih baik kerena tersedianya serat kasar yang didukung oleh ketersediaan protein dari legume.

Penanaman leguminosa pada suatu padang penggembalaan rumput asli dapat memberikan bantuan suplai nitrogen tanah, melalui pengikatan nitrogen udara oleh nodul. Pada padang rumput saja yang tidak dipupuk dan tidak ada pengembalian kotoran ternak, produksi bahan kering mencapai 2.240 kg/ha/tahun. Sedangkan dengan adanya penambahan leguminosa seperti Trifolium repens dan Trifolium pretense pada padang rumput dapat menaikan roduksi hingga 11.200kg/ha/tahun.

Salah satu contoh dari teknik polikultur adalah penanaman biji legume Centrosema pubescens dan pols rumput Brachiaria decumbens. Bahan tanam biji menghendaki tempat tumbuh yang halus, bersih dan mantap sehingga diperlukan pengolahan tanah dengan seksama. Kecambah sangat peka terhadap pengaruh lingkungan misalnya invasi gulma, hama dan penyakit, kekurangan air serta suhu yang tinggi. Oleh karena itu, penanaman akan dilaksanakan secara bertahap, dimulai dengan penanaman legume untuk memberikan kesemputan tumbuh bagi biji.

Pols diperoleh dari pecahan rumput-rumput yang sehat dan masih mengandung cukup banyak akar serta calon anakan baru. Sebelum ditanam, dilakukan pemangkasan 40% dari bagian vegetative (terutama daun) untuk menghindarkan penguapan yang berlebih sebelum akar dapat menyerap air. Pemangkasan juga dilakukan pada bagian akar untuk merangsang pertumbuhannya.

  1. Sistem Tiga Strata (integrasi)

System tiga strata (STS) dapat dijadikan salah satu alternative untuk meningkatkan produktivitas system integrasi ini. STS merupakan suatu cara penanaman dan pemangkasan rumput, leguminosa, semak dan pohon sehingga hijauan makan ternak dapat tersedia sepanjang tahun. System ini melibatkan 3 komponen tanaman yang saling terintegrasi, yaitu:

  1. Inti               : tanaman pangan
  2. Selimut      : rumput, legume semak
  3. Pagar         : legume pohon, pohon besar

Dalam penerapa STS ini terjadi integrasi antara tanaman pangan, tanaman perkebunan dan ternak. Penggunaan STS telah berhasil menambah berat badan sapi Bali jantan yang sudah dikebiri sebesar 13% dan untuk mencapai berat ekspor (sekitar 375 kg), STS terbukti sudah mampu melakukannya 12% lebih cepat. Keuntungan lain dari STS ini adalah hasil limbah dari tanaman pangan atau perkebunan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti daun dan batang jagung, jerami kacang tanah, jerami kacang kedelai dan bungkil biji sawit.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: