Potensi biji kecipir untuk pakan ternak

Potensi biji kecipir untuk pakan ternak

Kecipir atau “winged bean” (Psophocarpus tetragonolobus) merupakan tanaman leguminosa dan tumbuh menyebar di Asia Tenggara da papua nuigini (NAS 1981). Tanaman ini juga dikenal dengan nama asparagus bean, asparagus pea, four angled been (Khan 1982). Menurut NAS (1981) kecipir dapat tumbuh didaerah tropis sampai ketinggian 2200 meter diatas permukaan laut, toleransi tanaman ini terhadap kondisi tanah cukup besar. Pada tanah dengan bahan organic rendah, berpasir maupun liat kecipir masih dapat tumbuh. Namun demikian pH optimum yang diinginkan berkisar antara 4,3-5,5 dengan tempratur lingkungan berkisar antara 180-320C.

Ada dua tahap pemanenan hasil kecipir, yaitu pemanenan buah muda dan buah tua. Pada pemanenan buah muda umumnya polong digunakan sebagai sayur atau lalap dan dipetik setelah tanaman berumur 10-13 minggu. Bila diinginkan bijinya maka harus ditunggu sampai tua, kira-kira 5 sampai 6 bulan. biji kecipir berbentuk bulat dan berilat dengan kisaran berat antara 0,04 sampai 0,64 gram. Setiap polong mengandung 5-20 biji dengan variasi warna putih kuning, hitam, coklat atau bertotol (NAS 1981). Produksi biji kecipir menurut NAS (1981) berkisar 2-5 ton per hektar. Yuwanto et al. (1981) melaporkan bahwa penggunaan biji kecipir yang sudah dipanaskan dapat menggantikan kedelai sampai 15% dalam ransum ayam pedaging.

Kecipir merupakan tanaman yang serbaguna. Polong, daun, biji dan umbinya sangat kaya protein. Kandungan protein tertinggi terdapat pad bijina yang hampir menyamai kandungan protein kacang kedelai serta komposisi asam-asam aminonya yang menguntungkan. Menurut Del Rosario et al. (1981) biji kecipir mengandung protein tinggi sekitar 31,26-34,46% dengan kandungan lemak 14,20-14,98%. Sedangkan menurut NAS (1981) biji lemak mengandung lemak berkisar antara 15-20%, lebih tinggi dibandingkan dengan biji kedelai.

Seperti halnya komposisi nutrisi biji kecipir, komposisi asam amino biji kecipir sangat mirip dengan biji kedelai, bahkan lebih tinggi kandungan lysine dan luecine (Khan 1982; Del Rosario et al. 1981). Biji kecipir defisiensi pada asam amino yang mengandung belerang seperti methionin, sistin dan tryptophan (NAS 1981).

Beberapa zat anti nutrisi yang terkandung dalam biji kecipir seperti antitripsi, saponin, tannin dan beberapa zat anti nutrisi lainnya. Antitrypsin adalah sejenis protein yang pengaruh kerjanya dapat merugikan hewan seperti menghambat pertumbuhan, mengganggu aktivitas enzim tripsin dan menyebabkan pembesaran pancreas. Antiripsin banyak ditemukan pada tanaman leguminosa termasuk kecipir (Khan 1982). Pada tanaman kecipir, antitrypsin tersebut terikat pada psophocarpin B, yaitu salah satu dari fraksi globulin yang mengandung asam amino dengan kandungan sulfur (Khan 1982).

Varietas Chymbu adalah varietas biji kecipir yang mempunyai kandungan antitrypsin yang paling tinggi dibanding varietas lainnya (de Lumen dan Salamat 1980). Seperti pada kedelai, antitrypsin terbanyak dijumpai pada biji kecipir mentah (Chan dan de Lumen 1982). Menurut Jeffer dan Korte (1976) mengkonsumsi biji kecipir mentah akan menyebabkan timbulnya gejala keracunan antitrypsin yaitu terhambatnya pertumbuhan, pembesaran pancreas dan limpa yang mengecil. Pengolahan biji kecipir seperti perendaman atau pemanasan dapat menonaktifkan antitrypsin  (de Lumen dan Salamat 1980).

3 Comments

  1. wah..saya perlu betul nih ilmu nutrisi dan teknologi pakan..
    perlu juga formulasi berbagai pakan ternak dan ikan..

  2. angga

    saya minta ya buat tugas teknik pangan
    trima kasih sebelumnya….

  3. Hamba Allah

    trimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: