hal-hal yang menggagalkan program diet

apa kamu merasa kelebihan berat badan atau sedang mendambakan tubuh yang ideal?? diet merupakan salah satu cara yang mungkin kamu lakukan. tulisan ini berisi beberapa kiat agar diet kamu menjadi sukses. menurut Dr Sarah Schenker, ahli gizi dari Inggris, mungkin tanpa sadar Anda telah mensabotase program diet Anda sendiri. Apa saja ganjalan tersebut:

1. Memilih kacang sebagai cemilan.

Penelitian membuktikan kacang memang membuat kita merasa kenyang lebih lama dibanding cemilan berbumbu seperti kripik atau crakers. Kacang juga kaya akan nutrisi dan serat. Tapi kacang ternyata juga mengandung kalori dan penuh dengan lemak jenuh. Segenggam kacang tanah misalnya, mengandung 150 kalori. “Jadi cobalah satu atau dua butir kacang saja, jangan makan segenggam penuh,” kata Schenker.

2. Menimbang berat badan setiap hari.

Kadar air dalam tubuh bisa jadi penyebab perubahan berat badan yang berfluktuasi tiap hari. Jadi ini buka indikator yang bagus untuk penurunan berat badan. Schenker mengatakan, “Sebaiknya menimbang berat badan, sekali saja dalam seminggu. Lakukan pada waktu dan hari yang sama, dengan seminim mungkin menggunakan pakaian — dan setelah Anda ke toilet.”

3. Makan banyak buah.

Walaupun buah makanan sehat, bukan berarti buah bisa menurunkan berat badan. Penelitian membuktikan gula buah atau fruktosa tidak bisa memicu tubuh untuk memberi respon kenyang seperti yang diberikan oleh gula biasa. Artinya buah baik, tapi tidak cukup untuk memuaskan. “Boleh makan banyak buah, tapi iringi dengan sedikit protein seperti dari dari daging, untuk rasa kenyang,” kata Schenker.

4. Minum kalori ekstra.

Kongkow dengan teman-teman asyik memang. Apalagi jika ditemani cappucino atau teh hangat manis. Hmm. Andn boleh bilang “Saya tidak makan apa-apa, kok”. Tapi hati-hati, cappucino standar biasanya mengandung 120 kalori plus 8 gram lemak. Lalu tambahan susu pada delapan cangkir teh setara dengan tambahan 400 kalori. “Jalan keluarnya gantilah dengan susu skim yang mengandung 20 kalori per cangkirnya atau pilihlah teh herbal.”

5. Makan kulit ayam.

Mengganti daging merah dengan daging unggas adalah pilihan bijak untuk memangkas kalori, tapi hanya jika Anda meninggalkan bagian kulitnya. Karena kulit unggas adalah bagian paling banyak mengandung lemak.

6. Mengganti minuman dengan minuman diet.

Berbagai penelitian membuktikan diet tetap bisa sukses dengan air bening biasa tanpa minuman berkalori nol. Pemanis buatan memicu proses pencernaan, yang akhirnya akan meninggalkan rasa tidak puas dan lapar. Maka tak heran minuman diet justru membuat Anda ingin makan lebih banyak.

7. Bumbu salad sayuran.

Salad berisi sayur atau buah memang bagus. Yang perlu diwaspadai adalah dressing atau bumbunya. Gado-gado misalnya dengan bumbu kacang yang digoreng yang terlalu banyak juga bisa berbahaya. “Jadi mintalah selalu agar pramusaji memisahkan bumbu salad dari sayuran Anda, agar Anda bisa mengurangi porsi bumbunya.”

8. Diet ketat yang membosankan tanpa toleransi.

Para konsultan diet umumnya sepakat bahwa seseorang boleh ketat pada program dietnya hingga 80 persen. Sisanya, 20 persen, beri tubuh Anda kelonggaran dengan misalnya mengudap coklat kegemaran sesekali.

9. Terkecoh makanan diet.

Makanan rendah lemah biasanya penuh dengan gula dan makanan rendah gula biasanya malah tinggi akan konsentrat buah. Semuanya membuat kita berpikir bahwa makanan diet ini baik, kita bisa makan lebih banyak. Rajin-rajinlah membaca label makanan dan perbedaan antara versi diet dan bukan dietnya, dan lihat apa yang akan Anda temukan.

10. Memantang lemak sama sekali.

Tubuh juga membutuhkan lemak untuk berfungsi dengan baik, menimbulkan rasa nyaman lebih lama. Sebuah penelitian di University of Alabama, Amerika Serikat, menemukan sedikit lemak di makanan berkalori rendah justru bisa menurunkan berat badan. Intinya jangan memantang lemak sama sekali, tapi cobalah untuk makan makanan yang lebih beragam dengan porsi terkendali

Sumber : http://www.tempointeraktif.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: