Tujuh Bajak Laut Legendaris yang Pernah Ada Di Dunia

Tujuh Bajak Laut Legendaris yang Pernah Ada Di Dunia

Pagi hari ini langit di rumahku nampak penuh sesak dengan kabut yang turun sejak subuh. Wah segar sekali udara pagi ini, udara pagi yang hanya bisa aku nikmati jika aku berada di rumahku di Garut. Sungguh pemandangan berbeda dengan kebanyakan pagi yang aku lewatkan setidaknya tiga tahun kemarin. Yah, tiga tahun terakhir aku lebih banyak menghabiskan pagi di Bogor di Institut Pertanian Bogor demi mengejar cita-cita, hehehe. Yups, hari ini saya mendapat anugrah yang besar untuk kembali menulis. Kali ini ini saya ingin mengangkat tema soal bajak laut. So, kalian pernah donk nonton filmnya Jack Sparrow (Pirates of Caribeans) atau mengikuti asyiknya petualangan kelompok bajak laut Topi Jerami pimpinan Luvi dalam komik dan serial tv One Peace. Nah muncul pertanyaan dalam benak saya, “apa benar di dunia nyata ini pernah ada bajak laut?”.

Rasa penasaran itu akhirnya berakhir dengan pencarian tentang kebenaran adanya bajak laut di dunia ini. Pencarian pun tidak sia-sia, setidaknya saya menemukan tujuh nama bajak laut yang tenar pada masanya sekitar tahun 1600-1700. Siapakah mereka dan sehebat apakah mereka, apakah mereka sama dengan para tokoh-tokoh bajak laut yang sering digambarkan dalam komik atau film-film, apakah mereka juga mempunyai rahasia tentang harta yang mereka tinggalkan yang kita sebut sebagai harta karun. So, lets read it

  1. The King of All Pirates, Henry Morgan

Bajak laut yang pertama adalah Henry Morgan. Henry Morgan lebih terkenal dengan julukan “The Terrible”. Henry Morgan ini adalah bajak laut yang paling ditakuti dan dihormati sepanjang era bajak laut. Dia diangkat menjadi perwira ankatan laut Inggris dan dikenal sebagai seorang yang pandai berperang. Kehadirannya adalah teror bagi semua orang Spanyol di Hindia Barat. Dia pernah memimpin 36 kapal dan 2.000 anak buah kapal.

  1. Bartholomew Roberts, Great Pirate Roberts

Selanjutnya adalah seorang bajak laut yang terkenal dengan sebutan Great Pirate Roberts yang mempunyai nama asli Bartholomew Roberts. Great Pirate Roberts ini mengarungi samudra pada awal abad ke-18. Pantai-pantai yang pernah dijelajahinya di sekitar perairan Amerika Utara dan Selatan. Karena reputasinya, kapal-kapal yang berlayar dari dan menuju Hindia Barat menjadi malas bertemu dengannya. Tidak jarang mereka memilih untuk berlayar keluar jalur untuk menghindari konfrontasi dengan Bartholomew Roberts.

  1. William Kidd, Captain Kidd

Captain Kidd ini sebelumnya adalah pelaut yang direkrut marinir inggris untuk menumpas bajak laut. Kapalnya yang legendaris bernama The Adventure Galley, kapal ini dilengkapi dengan 34 meriam dan mampu membawa 80 anak buah kapal. Dia lalu berubah menjadi bajak laut yang terkenal karena kebringasannya dan pernah merampas sebuah kapal yang berisi harta karun sebanyak 400 ton. William Kidd merupakan salah satu bajak laut dengan harta karun terbanyak dan sampai saat ini tidak banyak orang tahu dimana Captain Kidd menyimpan harta karunnya tersebut.

  1. Edward “Blackbread” Teach

Edward “Blackbread” Teach adalah bajak laut yang paling dibenci, ditakuti dan paling mengerikan dengan janggut hitam tebal yang hampir menutupi mukanya. Berbekal pedang, belati dan pistol-pisltol, Blackbread berhasil merampas lebih dari 40 kapal dagang di peraiaran Karibia. Sayang, dia kalah pada pertempuran dengan kapal Royal Navy di North Carolina.

  1. Anne Bonny

Anne Bonny adalah seorang bajak laut perempuan yang bergabung dengan komplotan bajak laut legendaris Jolly Roger Pirate. Selama berkarier menjadi bajak laut, Anne Bonny ini berpartner dengan Mery Read, bajak laut perempuan lainnya. Kehadiran Anne Bonny dan Mery Read menunjukan bahwa bajak laut tidak hanya didominasi oleh para lelaki saja dan membuktikan bahwa para perempuan juga bisa mengarungi lautan.

  1. John Rackham, Calico Jack

John Rackham tidak lain adalah suami dari bajak laut Anne Bonny. Calico Jack terkenal dengan kebringasannya di laut serta mendirikan kelompok bajak laut yang terkenal bernama The Jolly Roger. Jolly Roger adalah simbol dari bendera bajak laut yang berwarna hitam dengan gambar tengkorak putih. Karakter Jack Sparrow dalam film Pirates of The Caribeans konon terinspirasi dari sepak terjang seorang John Rackham.

  1. Olivier Levasseur, The Buzzard

Olivier Levasseur mndapatkan julukan The Buzzard karena kecepatannya dalam menghabisi lawan-lawannya. Masa keemasannya adalah saat di merampas kapal portugis, Galeon Nostra do Cabo, yang penuh dengan barang-barang berharga. Akan tetapi, dia tertangkap dan diduga menyembunyikan harta karunnya disuatu tempat. Petunjuk tentang dimana letak tempat dia menyembunyikan harta karunnya adalah huruf-huruf kriptogram di kalungnya, yang sampai saat ini belum ada yang berhasil memecahkannya.

Yups itu dia tujuh bajak laut legendaris yang pernah ada di dunia ini, semoga setelah membaca ini kamu punya banyak inspirasi untuk berbuat lebih baik,,selamat bertemu lagi di artikel-artikel saya selanjutnya,,selamat berbagi manfaat di intannursiam.wordpress.com dan ditunggu komentarnya,,,hehehe,,have a nice days,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: