kisi-kisi UAS WASTU 2013

Kisi-kisi ini saya susun berdasarkan prediksi saya tentang apa saja soal yang biasa diujiankan. Secara umum ada tiga tipe soal BS, PG dan Essay. Pada UAS ini rencananya akan menggabungkan materi kuliah dan beberapa materi dari praktikum. Panduan umumnya kalian bisa mereview materi-materi yang kemarin SG.

Secara umum UAS ini kita belajar 2 hal yang mendasar yaitu STANDART dan sistem ABGC. Yang perlu difahami adalah pengertian standart, batasan standart, macam-macam standart dan hal-hal lain yang mendukung standart seperti TQM, QA, QC,GMP, GLP dll. Hal yang mendasar yang perlu difahami adalah jenis-jenis metoda evaluasi atau pengujian pakan. Pengujian fisik, kimia dan biologis. UAS ini akan mengulang beberapa materi UTS, jadi tolong dipelajari lagi.

SNI merupakan standart yang berlaku untuk Indonesia saja, Standart pakan yang dibuat SNI tujuannya untuk menyempurnakan standart sebelumnya seperti SII, SP dll. Tolong pelajari lagi mana standart yang sifatnya mandatori atau tidak. Undang-undang juga tolong dipelajari. Pengertian ternak, produk ternak dll tolong difahami.

Untuk soal-soal yang berkaitan dengan konsep ABGC tolong pelajari lagi fungsi masing-masing komponen lalu kaitkan dengan pengawasan mutu atau penjaminan mutu. Soal lainnya mungkin terkait dengan isu swasembada daging sapi 2014 atau tentang pola kemitraan yang terjalin antara petani, peternak, industri pakan dan pemerintah.

Ada beberapa soal UTS yang rencananya dimunculkan lagi di UAS. Pelajari lagi tentang sertifikasi dan labelisasi. Sertifikasi itu lebih dahulu dibandingkan labelisasi. Perbedaan antara TQM dan QA. Yang membedakan pakan pada tiap pabrik adalah feed additivenya. Analisa proksimat itu menghitung BK, abu, PK, SK, LK, BETN. BETN itu merupakan hasil perhitungan komponen-komponen proksimat jadi tidak dianalisa. Van Soest itu untuk mengevaluasi manfaat serat untuk pakan ruminansia. Herbal bisa menggantikan penggunakan anti biotik karena antibiotik dinilai berbahaya. Standart mutu pakan bedasarkan tabel komposisi nutrient itu berdasarkan hasil analisa kimianya, seperti jagung yang terbagi menjadi tiga grade, lihat SNI untuk lebih jelasnya.

Nanti untuk yang kelas nutrisi itu akan dibagi 2, jadi di ruangan pertama itu ada 70-80 orang selebihnya akan digabung dengan kelas IPTP. Jadi yang absen bawah jangan sampai bingung, nanti akan ditempel pengumumannya di depan kelas. Ujian TIDAK open book. Tolong nanti tulisannya yang jelas, kalau bisa aga besar biar saya gampang meriksanya.

Jika ada yang ditanyakan silahkan langsung tanyakan saja, jika ada yang bingung mari kita diskusikan lagi. Kalau mau SMS ke yang 085281909421, BBM 2A482355, Twitter @inursiam…

Selamat belajar…..selamat jujur……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: